Menu

Rabu, 15 Agustus 2012

Cara Mengembangkan Potensi

Cara mengembangkan potensi bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu:

1. Pelajari bidang yang anda sukai.
Galilah ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang bidang apapun yang anda senangi. Jika perlu belajar secara formal. Misalnya anda suka olahraga dan tidak terlalu suka pelajaran eksakta. Lebih baik memilih jurusan olahraga ketika kuliah daripada memaksakan kuliah di jurusan yang anda tidak minati. Bisa juga belajar secara non formal melalui kursus atau pelatihan. Minimal belajar sendiri secara otodidak melalui buku, internet dan semacamnya. Dengan belajar, potensi diri yang sudah anda miliki akan berkembang menjadi keahlian.

2. Bergaul dengan komunitas yang memiliki minat sama.
Kalo ingin menjadi penulis yang lebih baik, bergabunglah dengan komunitas penulis. Dengan berkumpul, kita bisa saling mangasah kemampuan. Bisa berbagi cerita, tips, dan saling memotivasi diri. Informasi dan perkembangan terkini pun akan mudah diketahui. Peluang untuk tampil dan menunjukkan kemampuan diri akan terbuka menanti.

3. Berani tampilkan potensi.
Jika didiamkan potensi akan mati. Tampilkan potensi yang anda miliki sejak dini. Kalo anda senang menulis, tampilkan tulisan anda. Jangan setelah nulis, dibaca sendiri, abis itu disimpan di laci. Cobalah buat blog sebagai sarana mengekspresikan diri. Kirim tulisan anda ke koran atau majalah. Bahkan kalo bisa bikin buku karya sendiri. Ikutin lomba menulis dari kelas lokal sampai nasional. Lakukan secara bertahap, pelan tapi pasti. Tulisan anda akan lebih baik dari hari ke hari jika anda terus menulis dan berani berbagi dengan yang orang lain.

Cara Mengetahui Potensi Diri

Banyak orang yang tidak tahu potensi dirinya. Tidak tahu apa saja kelebihan yang dimilikinya. Coba saja tanya diri kita sendiri atau orang-orang terdekat kita. Apa sih kelebihan diri kamu? Apa yah…Bingung jawabnya. Tapi kalo ditanya apa kekurangan atau kelemahan diri, banyak orang yang dengan cepat bisa menjawab. Kurang ganteng, miskin, gak pinter, dan sebagainya.

Sebagian orang beranggapan kita kan gak mau sombong jadi nggak mau membanggakan diri dengan menyebut-nyebut apa yang kita bisa. Sombong itu emang gak boleh tapi tahu potensi diri itu harus. Bukan untuk disombongkan tapi untuk dikembangkan. Potensi diri yang terus tumbuh dan berkembang akan menjadi modal kesuksesan. Anda mau sukses kan? Cari tahu cara mengetahui potensi diri di bawah ini:

1. Bidang apa saja yang kita senangi.
Sesuatu yang penuh gairah dan semangat kita lakukan. Tanpa harus diminta atau disuruh. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang anda lakukan. Inilah yang disebut dengan hobi. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati. Misalnya orang yang hobi memelihara tanaman, dia rajin menyiram dan merawat tanaman setiap hari. Dia rela mengeluarkan uang berapapun untuk membeli tanaman, pupuk, alat-alat dan semacamnya. Hobi bisa membawa kebahagiaan dan juga penghasilan. If we do what we love, then money will follow.

2. Bertanya kepada orang terdekat. 
Orang yang paling tahu diri anda adalah orang terdekat. Bisa orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Merekalah yang tahu tentang diri anda dari kecil sampai dewasa. Jadi mereka tahu apa potensi diri anda. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkan.

3. Mencoba hal-hal baru.
Begitu banyak yang bisa kita lakukan di dunia ini. Wawasan, pergaulan dan keberanian yang terbataslah yang menghambat kita untuk melakukannya. Kita bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan. Tentu saja yang kita lakukan tidak boleh melanggar hukum yah. Dengan mencoba banyak hal, mungkin kita akan menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi.

4. Banyak membaca, melihat dan merasakan.
Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. Jika anda suka membaca perkembangan dunia komputer, internet dan semacamnya. Anda bisa menjadi ahlinya, asalkan terus konsisten untuk menambah pengetahuan.

Potensi diri itu harus digali, sama seperti minyak bumi. Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggali minyak. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lama karena minyaknya ada jauh di kedalaman.

Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses. Jika anda sudah tahu potensi diri anda, itulah modal kesuksesan. Jika anda bisa mengembangkan potensi anda menjadi prestasi, kesuksesan sudah menanti.

Selasa, 14 Agustus 2012

Tips Bergaul Dengan Orang Yang Memiliki Temperamen Berbeda


Bergaul dengan Orang Sanguin

Orang sanguin umumnya adalah tipe orang yang suka bercerita. Karena itu, sediakan "telinga" Anda jika ingin menjadi teman baik mereka. Kadang, kalau kita mau mendengarkan, banyak cerita-cerita atau lelucon-lelucon menarik yang mereka lontarkan. Memang kadang mereka bisa menceritakan hal itu sampai berkali-kali (kita sampai bosan mendengarnya), tapi usahakan untuk menjadi pendengar yang baik.
Orang sanguin kelemahannya adalah pelupa, oleh karena itu jangan mudah sakit hati kalau mereka lupa menepati janji. Percayalah! Itu tidak mereka sengaja. Sekalipun sudah dinasihati berulang-ulang, mereka tetap saja mengulangi kesalahan yang sama, belajarlah untuk memaafkan dan menerima mereka apa adanya, karena tidak mudah bagi mereka untuk berubah. Intinya, jangan mudah sakit hati kalau janji-janji mereka kepada Anda tidak ditepati.
Anda bisa saja memberi masukan atau jalan keluar. Mereka pasti senang. Intinya, jika ingin menjadi teman baik bagi orang sanguin, jangan pernah mengkritik mereka dan menjatuhkan mereka di muka umum. Mereka paling benci diperlakukan seperti itu.
Bergaul dengan Orang Koleris
Orang koleris tidak peka, jadi kita jangan menuntut mereka berlebihan untuk selalu mengerti perasaan kita. Sifat mereka yang egois kadang membuat mereka cenderung lebih memikirkan dirinya sendiri. Kita perlu bersabar menghadapi mereka. Lebih baik kita berbicara dengan mereka secara langsung saja, karena mereka tidak suka bertele-tele dan berbicara "ngalor-ngidul" tidak karuan.
Orang koleris bukanlah pendengar yang baik, oleh karena itu jangan marah jika mereka sering tidak sabar mendengarkan semua "curhat-curhat" Anda. Bukan karena mereka tidak sayang dan tidak peduli, tapi mereka memang tersiksa kalau diminta mendengarkan. Pilihlah waktu yang tepat untuk bercerita. Misalnya waktu makan berdua saja. Kalau dia sedang memiliki banyak pekerjaan, jangan harap dia akan mendengarkan cerita Anda.
Banyak-banyaklah mengalah jika berteman baik dengan orang koleris. Karena jika Anda meminta mereka mengalah, sepertinya malah akan menjadi debat dan bersitegang urat leher. Intinya, Anda harus sabar menghadapi keegoisan dan ketidakpekaan mereka.
Bergaul dengan Orang Melankolis
Orang melankolis memiliki pembawaan pesimis. Jadi, apa pun selalu mereka pandang dari sisi negatif. Kalau ingin bergaul dengan mereka, coba mengerti sisi sensitif perasaan mereka. Sekalipun mereka pesimis, bukan berarti mereka tidak memiliki tujuan hidup. Mereka suka mendengarkan pendapat orang lain, jadi cobalah untuk memberi saran dan masukan pada mereka.
Kemudian, mereka adalah orang yang sangat menepati janji. Jadi kalau Anda ingin bergaul dengan mereka, belajarlah untuk menepati janji dan perkataan Anda. Misalkan Anda seorang yang pelupa, mintalah tolong pada mereka untuk mengingatkan Anda, mereka pasti senang sekali menolong. Kalaupun Anda ingin membatalkan, cobalah menghubungi mereka atau memberi tahu sebelumnya, supaya mereka tidak sakit hati dan kepercayaannya pada Anda hilang.
Karena mereka adalah orang yang tidak percaya diri, banyak-banyaklah memotivasi dan memberi semangat pada mereka. Pada dasarnya mereka cerdas, hanya membutuhkan motivasi dan diyakinkan saja. Usahakan jangan menertawakan mereka jika mereka gagal, tapi berilah kritik membangun. Mereka pasti senang menerima saran dan masukan.
Bergaul dengan Orang Phlegmatis
Sepertinya lebih mudah bergaul dengan orang phlegmatis, karena mereka tidak memiliki banyak keinginan. Walaupun begitu, kita tetap harus menaruh respek pada perasaan mereka. Mereka cenderung tertutup, jadi jangan pernah memaksa mereka untuk bercerita pada Anda. Jika mereka sudah merasa nyaman, mereka pasti akan bercerita.
Jika ingin bergaul dengan orang phlegmatis, usahakan untuk tidak mudah emosi melihat gaya mereka yang santai dan lamban itu. Terutama kalau sudah membuat janji, mereka jarang bisa tepat waktu, jadi maklumi saja. Kemudian mereka adalah tipe yang cinta damai, jadi jangan pernah meributkan hal-hal kecil. Kalaupun kita tidak suka dengan sikap mereka, lebih baik dibicarakan baik-baik, tidak perlu marah-marah di depan mereka. Percayalah! Mereka sangat menghargai persahabatan, bahkan lebih dari diri mereka sendiri.
Intinya, kita bisa menjadi sahabat untuk semua orang jika kita mengetahui cara untuk mengerti temperamen mereka dan bersikap tepat dan bijaksana. Semua temperamen itu baik. Tidak ada yang lebih dari yang lain. Jadi, kita perlu dewasa jika melihat perbedaan. Jadikan hal tersebut kekayaan dalam berhubungan.

Pengembangan Diri Untuk Masing-Masing Karakter

Sanguin
Coba lebih mengendalikan diri dalam bicara
Kontrol emosi ditingkatkan
Kepekaan terhadap orang perlu ditingkatkan
Belajar lebih terorganisir, lebih rapi dan tertata
Tak ada orang yang seuper hebat, jadi tidak perlu berusaha menyenangkan semua orang
Belajar lebih banyak mendengarkan

Melankolis
Tidak perlu segalanya dipikir terlalu mendalam
Segera bicaralah sebelum menjadi sangat kesal, jangan menyimpan perasaan terlalu lama
Belajarlah memaafkan orang lain, hindari menyimpan sakit hati
Kurangi menuntut orang lain terlalu sempurna
Turunkan standart terhadap nilai [jika perlu]
Nikmati kegembiraaan dalam hidup, bersenang-senanglah

Koleris
Tidak perlu merasa bersalah jika anda sedang santai dan tidak mengerjakan apapun
Tidak perlu gelisah jika target belum tercapai
Belajarlah lebih tenang, terencana dan detail
Meningkatkan empati dan toleransi terhadap orang lain
Perlunaklah cara pendekatan anda
Kurangi keinginan untuk menasehati
Tidak perlu gengsi mengakui kesalahan

Plegmatis
Bangkitkan semangat dan antusiasme
Jangan menunda sampai besok untuk apapun yang dapat dikerjakan sekarang
Buatlah target-target yang menantang
Cobalah sesuatu yang baru sesering mungkin
Lakukan perubahan untuk menciptakan semangat dan gairah hidup
Belajarlah untuk menerima tanggung jawab

Cara menaklukan Jodoh sesuai dengan kepribadiannya

1. Koleris: 
Cara meladeninya adalah jangan mengkritik dia karena dia tidak suka dikritik. Ya, memang dia suka memerintah atau memimpin, maka dia lebih suka mengkritik dibanding dikritik. Maka hati-hatilah kalau kamu mengkritik calon jodoh idaman kamu yang bertipe kepribadian ini. Kritiklah di saat yang tepat, jangan mengkritik saat dia sedang mengutarakan pendapatnya.

2. Melankolis: 
Cara meladeninya adalah dengan memberikan dukungan moral bahkan untuk semua hal. Kenapa demikian? Ya, karena dia adalah tipe penyendiri dan perasaannya sangat peka. Kamu cukup member dukungan padanya dan kamu akan mendapatkan dia sebagai jodoh idaman kamu.

3. Sanguin:
Cara meladeni orang bertipe sanguin adalah dengan pujian. Ya, karena salah satu kelemahan tipe ini adalah pujian. Maka, jika kamu sedang ingin mendapatkan orang tipe sanguin untuk menjadi jodoh idamanmu, perhatikan dia sat dia sedang melakukan sesuatu. Jika dia sedang melawak, tertawalah. Jika dia bernyanyi, katakana suaranya merdu. Pokoknya, pujilah dia, namun tetap wajar dan jangan berlebihan.

4. Plegmatis:
Cara meladeninya adalah dengan memimpinnya. Betul, orang tipe ini lebih suka ada orang yang memimpinnya karena dia tipe orang yang pasif, seperti telah dikatakan di atas. Maka, jika kamu sedang ingin mendapatkan orang tipe ini, bimbing saja dia, maka dia akan jadi jodoh idaman kamu.

Cara Menghadapi Masing-Masing Tipe Karakter manusia


Menghadapi Tipe Sanguinis
  • kenali kesulitannya dalam menyeleseikan tugas
  • sadarilah bahwa mereka berbicara tanpa berpikir lebih dahulu dan terkadang menyinggung persaaan orang lain, tetapi sebenarnya dia hanya bercanda dengan ucapannya
  • sadari bahwa mereka menyukai variasi dan fleksibilitas (apa ya maksudnya ini??? hehehe)
  • bantu mereka agar tidak menerima lebih dari yang mereka bisa lakukan
  • pujilah mereka untuk segala sesuatu yang mereka capai
  • ingatlah bahwa mereka mudah emosi
  • berilah hadiah untuk event-event tertentu (bukan berarti mereka gampang disuap ya!!!!), misalnya sedang berulang tahun atau mendapatkan prestasi
Menghadapi Tipe Melankolis
  • ketahuilah bahwa mereka sangat sensitif perasaannya dan mudah sakit hati (saya banget neh)
  • motivasi mereka saat mereka kurang optimis (siapa ya yang bisa memotivasi saya???)
  • mereka perlu bantuan agar tidak mudah tertekan
  • pujilah dengan tulus dan penuh kasih sayamg
  • beri kesempatan mereka jika memang sedang ingin sendiri saja
  • berusahalah untuk selalu menepati janji sesuai jadwal dengannya (sebab tipe orang Melankolis selalu ingin tepat waktu)
Menghadapi Tipe Koleris
  • akui bahwa mereka memang berbakat memimpin
  • bersikeraslah melakukan komunikasi dua arah
  • sadari bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti
  • sadari bahwa mereka tidak berbelas kasihan
  • berusahalah membagi tanggung jawab
  • mereka biasanya selalu benar
Menghadapi Tipe Phlegmatis
  • sadarilah bahwa mereka memerlukan motivasi langsung
  • bantulah mereka menetapkan tujuan
  • jangan mengharapkan antusiasme
  • sadari bahwa mereka menunda-nunda pekerjaan karena itu bentuk kontrol mereka
  • paksalah mereka untuk membuat keputusan
  • motivasilah mereka untuk menerima tanggung jawab

Karakteristik Tipe Manusia

1. Sanguinis (Populer –> Pembicara)


Kelebihan Tipe Sanguinis
Emosi
- kepribadian menarik
- pembicara yang baik
- suka berbicara, biasanya memukau pendengar
- menghidupkan suasana, rasa humor tinggi
- emosional dan demostratif
- antusias, ekspresif, penuh semangat, periang
Dalam Pekerjaan
- suka membantu tugas orang lain
- tampak hebat, kreatif dan inovatif
- menarik perhatian orang lain untuk mengikutinya
Sebagai Teman
- supel, mudah berteman (gaul), menyenagkan
- mudah minta maaf
- suka dipuji

Kesimpulan Tipe Sanguinis

Tipe orang Sanguinis merupakan pribadi yang menyenangkan jadi tidak salah jika banyak orang yang menyukainya, ingin merasa dirinya dikenal banyak orang, ide-idenya gila tetapi kreatif dan inovatif seperti ide-ide orang sukses, ingin dirinya menjadi trend setter agar orang lain mengikuti jejaknya.

Kelemahan Tipe Sanguinis
bicara terus menerus (cerewet)
suka memonopoli
penyela (biasanya menyela pembicaraan orang lain)
menyimpang terlalu jauh dari kebenaran (suka membual)

2. Melankolis (Pemikir –> Sempurna)


Kelebihan Tipe Melankolis
Emosi
- perasaannya halus, sensitif, dalam
- analitis, serius, tekun, dan idealis
- kreatif, berbakat, rasa seninya tinggi
- menyukai keindahan
Dalam Pekerjaan
- perfeksionis, standart tinggi, orientasi jadwal
- tertib dan terorganisir
- senang: grafik, bagan, gambar, tabel (visual)
Sebagai Teman
- hati-hati dalam berteman
- setia, mudah terharu, mudah kasihan
- menghindari perhatian, tidak suka menonjolkan diri
- pendengar yang baik

Kesimpulan Tipe Melankolis

Tipe orang Melankolis merupakan pribadi yang cerdas karena dia selalu memikirkan langkah apa yang akan dambil dalam memecahkan masalah. Akan tetapi pribadi Melankolis ini terlalu lama dalam mengambil keputusan karena dia selalu memikirkannya matang-matang agar dia mendapatkan segala sesuatunya itu sempurna. Perasaannya sensitif, jika dia disakiti dia tidak akan mudah melupakannya. Akan tetapi tipe ini merupakan seorang teman yang setia, tidak suka menghianati teman. Dan juga dia ini ibarat orang yang suka bekerja di balik layar, tidak terlalu ingin dirinya menjadi pusat perhatian.

Kelemahan Tipe Melankolis
menekan perasaan
jika punya masalah yang berat, dia langsung down dan sering terlihat murung
terlalu pendiam
mudah depresi

3. Koleris (Kuat –> Pelaku)

Emosi
- berbakat pemimpin, dinamis dan aktif
- suka perubahan, selalu memperbaiki kesalahan (introspeksi diri)
- logis, tegas dan berkemauan kuat
- bebas mandiri, tidak mudah menyerah
- percaya diri, mampu dalam banyak hal
Dalam Pekerjaan
- bergerak cepat dalam bertindak, berkembang, bersaing
- orientasi pada target, pandai memecahkan masalah
- mampu memberikan semangat kepada orang lain
Sebagai Teman
- tidak terlalu tergantung teman
- mau bekerja dan memimpin
- mau ambil bagian dalam keadaan darurat

Kesimpulan Tipe Koleris

Tipe orang Koleris adalah tipe orang yang berjiwa pemimpin, menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaiki kesalahannya, punya kemauan kuat untuk meraih sesuatu yang diinginkan, biasanya aktif dalam suatu kegiatan, orang sibuk, menargetkan apa yang akan dicapai.

Kelemahan Tipe Koleris
sok berkuasa
keinginannya selalu ingin dituruti
egois
suka mengatur

4. Phlegmatis (Damai –> Pengamat)

Emosi
- rendah hati, tenang dan sabar
- simpatik, baik hati, pendiam
- mampu mengendalikan/menyembunyikan emosi
- mudah bersyukur, mudah bahagia
Dalam Pekerjaan
- mudah kompromi, mudah sepakat
- menjadi penengah ketika ada masalah
- menghindari konflik
- kuat dalam tekanan
Sebagai teman
- berhati-hati, tidak suka menyinggung orang lain
- pendengar yang baik, punya banyak teman
- mudah bergaul, menyenangkan dan rileks

Kesimpulan Tipe Phlegmatis

Tipe orang Phlegmatis merupakan pribadi yang sabar dan senang dalam menghadapi masalah, emosinya tidak meluap-luap ketika dia bahagia atau sedih, pendiam, mampu bekerja dalam tekanan, tidak suka pertengkaran, hati-hati dalam berucap kepada orang lain, menyenangkan.

Kelemahan Tipe Phlegmatis
masa bodoh dengan orang lain
tidak punya kepastian/pendirian (plin-plan)
cuek
tidak peduli apa yang sedang dilakukannya